Nama
Kelompok :
1. Candra Martius Girsang
2.
Crisviani
Nur
3.
Eka
Handayani
I.
Pendahuluan
Perdagangan
elektronik yang disebut juga e-commerce
adalah penggunaan jaringan komunikasi dan komputer untuk melaksanakan proses
bisnis. Pandangan populer dari e-commerce
adalah penggunaan internet dan komputer dengan browser web untuk membeli dan
menjual produk.
E-Commerce
bisnis-ke-konsumen (bussinis-to-consumer) adalah perkembangan yang terakhir,
dan tampaknya semua orang berselancar di internet untuk membeli bubu-buku dan
musik. Penjualan bisnis-ke-konsumen sangatlah kecil jumlahnya dibandingkan
dengan penjualan bisnis-ke-bisnis, namun hal itu masih mencerminkan suatu peluang
bagi pertumbuhan dan laba yang besar.
Meskipun e-commerce dianggap sebagai satu jenis perdagangan
yang berbeda, tak berapa lama lagi ia hanya kan menjadi sisi lain dari
transaksi bisnis sehari-hari. Telepon yang ditemukan pada tahun 1876 dapat memberikan
kita satu perspektif. Kalangan bisnislah yang pertama kali menggunakan telepon,
yang saat itu terlalau mahal untuk dimiliki masing-masing rumah.
II. Pembahasan
1. Perdagangan
elektronik
Perdagangan
yang disebut juga e-commerce dengan
sangat sempit. Definisi sempit yang mereka berikan hanya meliputi
transaksi-transaksi bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dan pemasok yang
berhubungan komputer mereka masing-masing melalui internet. Jika transaksi
tetap berada didalam batas perusahaan, orang-orang ini akan menyebutnya sebagai
transaksi bisnis elektronik. Dengan pandangan ini istilah bisnis elektronik dan
pandangan elektronik sama. Dalam definisi luas kita ini suatu transaksi bisnis
yang menggunakan akses jaringan, sistem berbasis komputer dan antarmuka
(interface) sebuah browser Web akan
memenuhi persyaratan sebagai perdagangan elektronik (e-commerce).
a) E-Commerce
Di Luar Batas Perusahaan
Adalah Business-to-consumer mengacu
pada transaksi-transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir
produk. Business-to- business mengacu pada transaksi antar bisnis dimana tidak
ada pihak yang menjadi konsumen akhir.
b) Manfaat-manfaat yang diharapkan dari E-commerce
-
perbaikan layanan pelanggan
sebelum,selama,dan setelah penjualan
-
perbaikan hubungan dengan pemasok
-
peningkatan imbalan hasil ekonomis atau
pemegang saham dan pemilik
c) Kendala-kendala
E-commerce
-
Biaya yang tinggi
-
Kekhawatiran akan masalah keamanan
-
Peranti lunak yang belum mapan atau
belum tersedia
d) Ruang lingkup E-commerce
Adalah memiliki pengaruh
yang dapat berubah dalam waktu hanya beberapa bulan saja.
e) Jalan
menuju E-commerce
Yaitu
untuk meraih keunggulan yang kopetitif dalam merencanakan bisnis.
2. Intelegensi
Bisnis (Business Intelegence)
Adalah
aktivitas pengumpulan informasi mengenai unsur-unsur di dalam lingkungan yang
berinteraksi dengan perusahaan.
a) Basis Data Eksternal
Adalah Perusahaan
yang tidak harus mengumpulkan informasi lingkungannya sendiri. Tersedia
sejumlah basis data komersial penting yang memberikan informasi mengenai hampir
semua subjek.
b) Mesin
Pencari
Adalah Suatu program komputer
khusus yang menanyakan suatu kata atau kelompok kata kepada pengguna untuk
dicari. Konsumen yang tertarik pada e-commerce
B2C sering kali memulai transaksi mereka dengan menggunakan mesin pencari
untuk menemukan calon vendor.
3. Strategi
E-Commerce Dan Sistem Interorganisasional
Adalah Strategi dimana unsur-unsur
yang ada dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Nama yang diberikan untuk
strategi ini adalah Sistem Interorganisasional (IOS). Istilah yang sering
digunakan untuk IOS adalah EDI, yang merupakan singkatan dari electronic data
interchange (pertukaran data elektronik). Disini istilah EDI dianggap sebagai
sub kumpulan dari suatu sistem Interorganisasional.
a)
Manfaat IOS
b)
EDI
c)
Ekstranet
d)
Sekutu-sekutu bisnis proaktif dan
beaktif
e)
Pengaruh penerapan
f)
Manfaat-manfaat tidak langsung IOS
4. STRATEGI
B2C UNTUK E-COMMERCE
a. Produk-Produk
Digital
Satu perbedaan antara
pembelian produk-produk digital dengan produk-produk fisik melalui Web adalah
bahwa produk digital dapat digunakan begitu selesai di download, dan terdapat
perbedaan lainnya yaitu bahwa produk itu sendiri akan berpindah ke aset
pembelianya.
b. Produk-Produk
Fisik
Barang-barang fisik
tidak dapat dikonsumsi melalui Web
sebagai gantinya harus dikirimkan ke pelanggan. Perusahaan yang disebut perusahaan “katalog” telah menghadapi
masalah ini selama bertahun-tahun. Pesanan penjualan dapat diambil alih oleh
Web, tetapi pengiriman tetap harus dilakukan.
c. Penjualan
Maya VS Campuran
Penjualan maya (virtual
sales) adalah penjualan yang dilakukan oleh sebuah yang tidak mengoperasikan
tempat berjualan fisik.
Penjualan campuran
(hybrid sales) terjadi ketika perusahaan memiliki tempat berjualan secara fisik
dan situs Web dimana pelanggan dapat membeli produk.
d. Pemerintahan
Elektronik
Sertifikat pajak adalah
cara bagi pemerintah daerah untuk menagih pajak bumi dan bangunan yang belum
dibayar.
5. LANGKAH
E-COMMERCE BERIKUTNYA
a. Perdagangan
Bergerak
Mobile commerce atau m-commerce adalah penggunaan
telepon selular dan asisten digital pribadi (personal digital assistant) untuk
melakukan e-commerce nirkabel.
Aplikasi-aplikasi awal m-commerce meliputi layanan
berita, transaksi/pengumuman informasi keuangan dan perbankan.
b. Nirkabel
Berkelas Bisnis di Semua tempat
Hot spot internet nirkabel cukup memadai untuk
penggunaan Web umum maupun pribadi. Ketergantungan pada sambungan komunikasi
kabel dan kecilnya cakupan jarak oleh suatu poin akses nirkabel menjadikan
akses nirkabel secara terus-menerus
mustahil untuk dilakukan. Komunikasi nirkabel yang kecepatannya cukup
memadai melalui penyedia jasa komunikasi yang sama dengan telepon selular akan
memungkinkan terciptanya komputasi nirkabel berkelas bisnis hampir di semua
tempat.
6. MENGGUNAKAN
INTERNET
E-commerce tidak akan mungkin terjadi tanpa adanya
jaringan yang menghubungkan pelanggan dengan organisasi.
a.
World
Wide Web
World
Wide Web yang
disebut pula sebagai Web danWWW, adalah informs yang
dapat diakses melalaui internet dimana dokumen-dokumen hypermedia
(file-file komputer) disimpan dan kemudian diambil dengan cara-cara
yang menggunakan metode penentuan alamat yang unik. Berikut adalah daftar
beberapa istilah umum dalam WWW:
·
Situs Web
Sekumpuln halaman Web (biasanya terdapat pada suatu
computer) yang terhubung dengan internet dan menyimpan file-file hypermedia
yang dapat diakses dari computer lain didalam jaringan melalui link
hypertext.
·
Link Hypertext
Suatu petunjuk yang terdiri atas teks atau
grafik yang digunakan untuk mengakses hypertext yang disimpan
di semua alamat situs Web.
·
Halaman Web
Suatu file hypermedia yang
tersimpan pada satu alamat situs Web yang unik.
·
Home Page
Halaman pertama suatu situs Web.
Halaman-halaman situs yang lain akan dapat dijangkau dari home page.
·
Browser
Peranti lunak yang dirncang untuk menemukn dan
membaca file-file di internet yang ditulis dalam bahasa hyperteks
(hypertext markup language-HTML).
·
Universal Resource Locator (URL). Alamat unik suatu
situs Web.
·
Protocol
Sekumpuln standar yang mengtur komunikasi
data. HTTP (hypertext transport protocol) adalah protocol
untuk hypertext. Protocol umum Web lainnya adalah FTP (file
transfer protocol). Didalam suatu URL, nama protocol akan
diikuti oleh tanda titik dua (:) dan garis miring (//).
·
Nama Domain
Alamat di situs Web di mana sebuah halaman Web
di simpan.
·
Path
Suatu direktori/subderiktori dan file tertentu
disitus Web. HTML (atau HTM) adalah akhiran untuk kode program yang mengacu
pada file hypertext.
b.
Cyberspace dan Superhighway Informasi
Cyberspace berarti dunia
internet dan World Wide Web. Istilah superhighway informasi digunakan
dalam konteks yang sama, tetapi tidak ada suatu kesepakatan penuh mengenai
dampak akhirnya pada masyarakat. Istilah ini biasanya digunakan untuk
menggambarkan suatu kekuatan positif yang member akses atas sejumlah informasi
yang terdapat dalam masyarakat modern kita.
Standart Internet
Salah satu alasan
utama mengapa internet dan web telah diterima dengan tangan terbuka oleh para
pengguna computer diseluruh dunia adalah karena keduanya bekerja sama sebagai
satu system tunggal yang dapat digunakan dari platform computer apapun
c. Aplikasi
bisnis internet
Internet dapat digunakan untuk setiap aplikasi
bisnis yang melibatkan komunikasi data, termaksud komunikasi did lam perusahaan
maupun dengan lingkungan. Berbeda dengan jaringan standart, internet dapat
digunakan oleh semua jenis platform computer tanpa harus melakukan upaya
khusus.
d. Aplikasi
ritel
Aplikasi jenis Web yang paling dikenal oleh
masyarakat umum adalah Ritel. Banyak peritel membut home page mereka yang dapat
secara langsung diakses melalui Web. Beberapa lebih memilih untuk bergabung
dengan took-toko lain di sutu situs gabungan yang disebut Mal Maya (virtul
mall) dengan hrapan bahwa suatu nama mallakan lebih mudah untuk dikenal dan
ditemukan daripada nama toko mereka masing-masing.
III. Penutup
Kesimpulan
Strategi yang paling
penting dilakukan perusahaan untuk memasarkan produk, barang dan jasa yaitu
melalui jaringan elektronik dan strategi yang elemen-elemennya dikaitkan dengan
transmisi data elektronik. Strategi tersebut adalah sistem antar organisasi
(IOS). Dalam melakukan perdagangan melalui jaringan elektronik harus memiliki
hubungan yang lebih baik dengan pemasok dan masyarakat.
Rekomendasi
Dalam berbisnis
melalui akses jaringan dan teknologi hal yang perlu diperhatikan adalah dari
segi biaya penerapan, masalah keamanan, dan keterbatasan perangkat lunak.
Adapun pengembangan
sistem yaitu situs yang relatif aman, situs yang dapat dipercaya oleh para
konsumen untuk melakukan transaksi bisnisnya menggunakan kartu kredit, kartu
debit, cek elektronik dsb.
Referensi
Buku Sistem Informasi
Manajemen Raymond Moleo George
0 komentar:
Posting Komentar