Kamis, 13 September 2018

Menggunakan Teknologi Informasi Dalam Menjalankan Perdagangan Elektronik (E-Commerce)


Nama Kelompok :
1.    Candra Martius Girsang
2.    Crisviani Nur
3.    Eka Handayani


I.     Pendahuluan
Perdagangan elektronik yang disebut juga e-commerce adalah penggunaan jaringan komunikasi dan komputer untuk melaksanakan proses bisnis. Pandangan populer dari e-commerce adalah penggunaan internet dan komputer dengan browser web untuk membeli dan menjual produk.
E-Commerce bisnis-ke-konsumen (bussinis-to-consumer) adalah perkembangan yang terakhir, dan tampaknya semua orang berselancar di internet untuk membeli bubu-buku dan musik. Penjualan bisnis-ke-konsumen sangatlah kecil jumlahnya dibandingkan dengan penjualan bisnis-ke-bisnis, namun hal itu masih mencerminkan suatu peluang bagi pertumbuhan dan laba yang besar.
Meskipun e-commerce dianggap sebagai satu jenis perdagangan yang berbeda, tak berapa lama lagi ia hanya kan menjadi sisi lain dari transaksi bisnis sehari-hari. Telepon yang ditemukan pada tahun 1876 dapat memberikan kita satu perspektif. Kalangan bisnislah yang pertama kali menggunakan telepon, yang saat itu terlalau mahal untuk dimiliki masing-masing rumah.
II.  Pembahasan
1.    Perdagangan elektronik
Perdagangan yang disebut juga e-commerce dengan sangat sempit. Definisi sempit yang mereka berikan hanya meliputi transaksi-transaksi bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dan pemasok yang berhubungan komputer mereka masing-masing melalui internet. Jika transaksi tetap berada didalam batas perusahaan, orang-orang ini akan menyebutnya sebagai transaksi bisnis elektronik. Dengan pandangan ini istilah bisnis elektronik dan pandangan elektronik sama. Dalam definisi luas kita ini suatu transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan, sistem berbasis komputer dan antarmuka (interface) sebuah browser Web akan memenuhi persyaratan sebagai perdagangan elektronik (e-commerce).
a)    E-Commerce Di Luar Batas Perusahaan
Adalah Business-to-consumer mengacu pada transaksi-transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir produk. Business-to- business mengacu pada transaksi antar bisnis dimana tidak ada pihak yang menjadi konsumen akhir.

b)   Manfaat-manfaat yang diharapkan dari E-commerce
-       perbaikan layanan pelanggan sebelum,selama,dan setelah penjualan
-       perbaikan hubungan dengan pemasok
-       peningkatan imbalan hasil ekonomis atau pemegang saham dan pemilik
c)    Kendala-kendala E-commerce
-       Biaya yang tinggi
-       Kekhawatiran akan masalah keamanan
-       Peranti lunak yang belum mapan atau belum tersedia
d)   Ruang lingkup E-commerce
Adalah memiliki pengaruh yang dapat berubah dalam waktu hanya beberapa bulan saja.
e)    Jalan menuju E-commerce
Yaitu untuk meraih keunggulan yang kopetitif dalam merencanakan bisnis.
2.    Intelegensi Bisnis (Business Intelegence)
Adalah aktivitas pengumpulan informasi mengenai unsur-unsur di dalam lingkungan yang berinteraksi dengan perusahaan.
a)    Basis Data Eksternal
Adalah Perusahaan yang tidak harus mengumpulkan informasi lingkungannya sendiri. Tersedia sejumlah basis data komersial penting yang memberikan informasi mengenai hampir semua subjek.
b)   Mesin Pencari
Adalah Suatu program komputer khusus yang menanyakan suatu kata atau kelompok kata kepada pengguna untuk dicari. Konsumen yang tertarik pada e-commerce B2C sering kali memulai transaksi mereka dengan menggunakan mesin pencari untuk menemukan calon vendor.
3.    Strategi E-Commerce Dan Sistem Interorganisasional
Adalah Strategi dimana unsur-unsur yang ada dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Nama yang diberikan untuk strategi ini adalah Sistem Interorganisasional (IOS). Istilah yang sering digunakan untuk IOS adalah EDI, yang merupakan singkatan dari electronic data interchange (pertukaran data elektronik). Disini istilah EDI dianggap sebagai sub kumpulan dari suatu sistem Interorganisasional.
a)    Manfaat IOS
b)   EDI
c)    Ekstranet
d)   Sekutu-sekutu bisnis proaktif dan beaktif
e)    Pengaruh penerapan
f)    Manfaat-manfaat tidak langsung IOS

4.      STRATEGI B2C UNTUK E-COMMERCE
a.       Produk-Produk Digital
Satu perbedaan antara pembelian produk-produk digital dengan produk-produk fisik melalui Web adalah bahwa produk digital dapat digunakan begitu selesai di download, dan terdapat perbedaan lainnya yaitu bahwa produk itu sendiri akan berpindah ke aset pembelianya.
b.      Produk-Produk Fisik
Barang-barang fisik tidak dapat dikonsumsi melalui Web  sebagai gantinya harus dikirimkan ke pelanggan. Perusahaan yang  disebut perusahaan “katalog” telah menghadapi masalah ini selama bertahun-tahun. Pesanan penjualan dapat diambil alih oleh Web, tetapi pengiriman tetap harus dilakukan.
c.       Penjualan Maya VS Campuran
Penjualan maya (virtual sales) adalah penjualan yang dilakukan oleh sebuah yang tidak mengoperasikan tempat berjualan fisik.
Penjualan campuran (hybrid sales) terjadi ketika perusahaan memiliki tempat berjualan secara fisik dan situs Web dimana pelanggan dapat membeli produk.
d.      Pemerintahan Elektronik
Sertifikat pajak adalah cara bagi pemerintah daerah untuk menagih pajak bumi dan bangunan yang belum dibayar.
5.      LANGKAH E-COMMERCE BERIKUTNYA
a.       Perdagangan Bergerak
Mobile commerce atau m-commerce adalah penggunaan telepon selular dan asisten digital pribadi (personal digital assistant) untuk melakukan e-commerce nirkabel.
Aplikasi-aplikasi awal m-commerce meliputi layanan berita, transaksi/pengumuman informasi keuangan dan perbankan.
b.      Nirkabel Berkelas Bisnis di Semua tempat
Hot spot internet nirkabel cukup memadai untuk penggunaan Web umum maupun pribadi. Ketergantungan pada sambungan komunikasi kabel dan kecilnya cakupan jarak oleh suatu poin akses nirkabel menjadikan akses nirkabel secara terus-menerus  mustahil untuk dilakukan. Komunikasi nirkabel yang kecepatannya cukup memadai melalui penyedia jasa komunikasi yang sama dengan telepon selular akan memungkinkan terciptanya komputasi nirkabel berkelas bisnis hampir di semua tempat.
6.      MENGGUNAKAN INTERNET
E-commerce tidak akan mungkin terjadi tanpa adanya jaringan yang menghubungkan pelanggan dengan organisasi.
a.      World Wide Web
World Wide Web yang disebut pula sebagai Web danWWW, adalah informs yang dapat diakses melalaui internet dimana dokumen-dokumen hypermedia (file-file komputer) disimpan dan kemudian diambil dengan cara-cara yang menggunakan metode penentuan alamat yang unik. Berikut adalah daftar beberapa istilah umum dalam WWW:
·         Situs Web
Sekumpuln halaman Web (biasanya terdapat pada suatu computer) yang terhubung dengan internet dan menyimpan file-file hypermedia yang dapat diakses dari computer lain didalam jaringan melalui link hypertext.
·         Link Hypertext
Suatu petunjuk yang terdiri atas teks atau grafik yang digunakan untuk mengakses hypertext yang disimpan di semua alamat situs Web.
·         Halaman Web
Suatu file hypermedia yang tersimpan pada satu alamat situs Web yang unik.
·         Home Page
Halaman pertama suatu situs Web. Halaman-halaman situs yang lain akan dapat dijangkau dari home page.
·         Browser
Peranti lunak yang dirncang untuk menemukn dan membaca file-file di internet yang ditulis dalam bahasa hyperteks (hypertext markup language-HTML).
·         Universal Resource Locator (URL). Alamat unik suatu situs Web.
·         Protocol
Sekumpuln standar yang mengtur komunikasi data. HTTP (hypertext transport protocol) adalah protocol untuk hypertext. Protocol umum Web lainnya adalah FTP (file transfer protocol). Didalam suatu URL, nama protocol akan diikuti oleh tanda titik dua (:) dan garis miring (//).
·         Nama Domain
Alamat di situs Web di mana sebuah halaman Web di simpan.
·         Path
Suatu direktori/subderiktori dan file tertentu disitus Web. HTML (atau HTM) adalah akhiran untuk kode program yang mengacu pada file hypertext.
b.      Cyberspace dan Superhighway Informasi
Cyberspace berarti dunia internet dan World Wide Web. Istilah superhighway informasi digunakan dalam konteks yang sama, tetapi tidak ada suatu kesepakatan penuh mengenai dampak akhirnya pada masyarakat. Istilah ini biasanya digunakan untuk menggambarkan suatu kekuatan positif yang member akses atas sejumlah informasi yang terdapat dalam masyarakat modern kita.
Standart Internet
Salah satu alasan utama mengapa internet dan web telah diterima dengan tangan terbuka oleh para pengguna computer diseluruh dunia adalah karena keduanya bekerja sama sebagai satu system tunggal yang dapat digunakan dari platform computer apapun
c.       Aplikasi bisnis internet
Internet dapat digunakan untuk setiap aplikasi bisnis yang melibatkan komunikasi data, termaksud komunikasi did lam perusahaan maupun dengan lingkungan. Berbeda dengan jaringan standart, internet dapat digunakan oleh semua jenis platform computer tanpa harus melakukan upaya khusus.
d.      Aplikasi ritel
Aplikasi jenis Web yang paling dikenal oleh masyarakat umum adalah Ritel. Banyak peritel membut home page mereka yang dapat secara langsung diakses melalui Web. Beberapa lebih memilih untuk bergabung dengan took-toko lain di sutu situs gabungan yang disebut Mal Maya (virtul mall) dengan hrapan bahwa suatu nama mallakan lebih mudah untuk dikenal dan ditemukan daripada nama toko mereka masing-masing.

III. Penutup
Kesimpulan
Strategi yang paling penting dilakukan perusahaan untuk memasarkan produk, barang dan jasa yaitu melalui jaringan elektronik dan strategi yang elemen-elemennya dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Strategi tersebut adalah sistem antar organisasi (IOS). Dalam melakukan perdagangan melalui jaringan elektronik harus memiliki hubungan yang lebih baik dengan pemasok dan masyarakat.



Rekomendasi
Dalam berbisnis melalui akses jaringan dan teknologi hal yang perlu diperhatikan adalah dari segi biaya penerapan, masalah keamanan, dan keterbatasan perangkat lunak.
Adapun pengembangan sistem yaitu situs yang relatif aman, situs yang dapat dipercaya oleh para konsumen untuk melakukan transaksi bisnisnya menggunakan kartu kredit, kartu debit, cek elektronik dsb.
Referensi
Buku Sistem Informasi Manajemen Raymond Moleo George







Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates